oeniwahyuni

Just another WordPress.com site

Membaca Adalah Sumber Inspirasi

pada November 4, 2011

MAKALAH: KETERAMPILAN MEMBACA

“ MEMBACA ADALAH SUMBER INSPIRASI ”

 

Disusun Oleh :

                                                                                                                       Nurwahyuni

                                                                                                                0801903458

 

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Cokroaminoto Palopo

2011

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.    LATAR BELAKANG

Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca dapat termasuk hiburan, khususnya saat membaca cerita fiksi atau humor.

Sebagian besar kegiatan membaca dilakukan dari kertas, buku ,batu atau kapur di sebuah papan tulis bisa juga dibaca. Tampilan komputer dapat pula dibaca.

Membaca dapat menjadi sesuatu yang dilakukan sendiri maupun dibaca keras-keras. Hal ini dapat menguntungkan pendengar lain, yang juga bisa membangun konsentrasi kita sendiri. Dengan membaca juga dapat memberikan suatu informasi dan inspirasi untuk pembacanya ( orang yang melakukan kegiatan membaca ). Membaca dapat dikatakan sebagai sumber inspirasi apabila seorang melakukan suatu kegiatan membaca dengan media buku pelajaran, novel atau cerita-cerita yang dapat membuat seseorang bisa mengambil suatu contoh atau suatu motivasi yang dapat diterapkan didalam hidup mereka.

Maka dari itu salah satu dari sumber inspirasi yang kita dapatkan yaitu dengan kegiatan membaca dapat  meningkatkan dan memperbaiki pemahaman, dimana membaca, baik sumber bacaan baru maupun secara berulang-ulang hanya yang itu-itu saja, tetap akan menjadi sumber inspirasi baru.

  1. B.     RUMUSAN MASALAH

Adapun rumusan masalah yang dapat kami ambil dari paparan latar belakang yang telah kami kemukakan diatas yaitu :

  1. Mengapa membaca dikatakan suatu  media yang dapat memberikan suatu inspirasi bagi kita?
  2. Apakah manfaat dan fungsi dari membaca ?
  1. C.    TUJUAN PEMBUATAN MAKALAH

Dari rumusan masalah yang kami paparkan diatas maka kami mengambil suatu kesimpulan untuk tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu :

  1. Mengetahui mengapa membaca dikatakan suatu sumber dari sebuah inspirasi.
  2. Memahami dan mengetahui manfaat dari kegiatan membaca.
  3. Memahami dan mengetahui fungsi dari kegiatan membaca.
  1. D.    MANFAAT PEMBUATAN MAKALAH

Manfaat yang dapat diambil dari pembuatan makalah ini adalah dapat menjadi motivasi kepada para pembaca untuk lebih mengetahui manfaat, fungsi serta tujuan dari kegiatan membaca, sehingga dengan kegiatan membaca kita bisa menemukan hal hal yang baru dan dapat memberikan suatu inspirasi dan ilmu pengetahuan sehingga dapat memperluas wawasan kita dengan kegiatan membaca.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.    MEMBACA ADALAH SUMBER INSPIRASI

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Sebuah pepatah yang acapkali kita dengar dan sangat familiar di telinga kita. Bahkan ada sebuah kalimat, tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat. Artinya selama kita masih hidup, kita diharuskan untuk terus menambah ilmu, pengetahuan, dan wawasan kita. Salah satu cara untuk menambah ilmu, pengetahuan, dan wawasan kita adalah dengan membaca. Mari kita membaca untuk menambah ilmu kita.Apakah benar masa depan terbentuk dengan hanya rajin membaca buku ? Kebiasaan membaca buku memang dapat mengasah kecerdasan otak. Sebab dengan membaca orang akan mendapatkan informasi dan menambah pengetahuan. Wawasanpun akan semakin luas dan terbuka. Hal ini akan mendorong pola pikir yang kritis dan sistimatis. Maka pantaslah jika buku menyandang sebutan Pembuka “ Jendela Dunia ”Dari membaca sebuah buku dapat membangkitkan sebuah inspirasi untuk mengatasi tantangan dan menjadikan hidup lebih menyenangkan karena buku menawarkan insprirasi konsep dan strategi yang cemerlang untuk membantu menjalani kehidupan terbaik setiap hari dengan pengharapan yang positif.

Adapun Jenis-jenis Buku yaitu :

1. Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif; biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari bahasa Italia novella yang berarti “sebuah kisah, sepotong berita”.Novel lebih panjang (setidaknya 40.000 kata) dan lebih kompleks dari cerpen, dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan metrikal sandiwara atau sajak. Umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut. Novel dalam bahasa Indonesia dibedakan dari roman. Sebuah roman alur ceritanya lebih kompleks dan jumlah pemeran atau tokoh cerita juga lebih banyak.

2. Majalah adalah penerbitan berkala yang berisi bermacam-macam artikel dalam subyek yang bervariasi.Majalah biasa diterbitkan mingguan, dwimingguan atau bulanan. Majalah biasanya memiliki artikel mengenai topik populer yang ditujukan kepada masyarakat umum dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Publikasi akademis yang menulis artikel padat ilmu disebut jurnal.

3. Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Ia berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain menerangkan maksud kata, kamus juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal-usul (etimologi) sesuatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi sesuatu perkataan. Untuk memperjelas kadang kala terdapat juga ilustrasi di dalam kamus. Biasanya hal ini terdapat dalam kamus bahasa Peranciskamus

4. Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.

5. Ensiklopedia (/énsiklopédia/) adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian.

Manfaat dan Fungsi bukuAgar bisa memperoleh manfaat yang maksimal dari buku, masyarakat harus benar-benar memahami fungsi buku. Tanpa menyadari arti penting buku, masyarakat tidak akan pernah bisa menghargai buku, apalagi mau membacanya. Hanya masyarakat yang menyadari betapa penting fungsi buku yang bisa menjadi masyarakat yang mencintai buku dan gemar membaca.Fungsi utama buku adalah sebagai sumber pengetahuan. Jika seseorang sedang menyimak sebuah buku, berarti orang tersebut sedang menyerap atau menggali pengetahuan yang tersimpan di buku yang sedang dibacanya. Sebuah buku ditulis dengan tujuan agar pengetahuan atau informasi yang ada didalamnya bisa tersebar luas dan tahan lama.

Dengan membaca seseorang dapat memahami sesuatu yang sebelumnya tidak diketahuinya. Sebagai sumber pengetahuan, secara otomatis buku berfungsi menyimpan pengetahuan yang ideal karena tahan lama dan mudah dibawa kemana saja.Fungsi lain yang tidak kalah penting dari buku adalah sebagai sumber kreativitas. Orang akan menjadi kreatif jika mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. Untuk itu orang harus banyak membaca buku.Seseorang yang mempunyai pengetahuan yang luas di suatu bidang, tentu akan lebih banyak idenya dari pada orang yang kurang pengetahuan. Masih banyak fungsi buku yang lain, misalnya buku juga bisa berfungsi sebagai alat hiburan seperti TV, radio, tape recorder. Jadi sangat banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan membaca. Kebiasaan membaca  memang dapat mengasah kecerdasan otak dan sering dilakukan oleh semua orang. Sebab dengan membaca orang akan mendapatkan informasi yang baru, memberikan suatu motivasi dan ispirasi serta dapat menjadi suatu ilmu yang  menambah pengetahuan. Wawasan pun akan semakin luas dan terbuka. Hal ini akan mendorong pola pikir yang kritis dan sistimatis dan dapat sangat berguna bagi kita. Maka dari itu mengapa membaca merupakan salah satu sumber dari inspirasi.

Ada beberapa hal yang menjadikan membaca adalah sumber dari insipirasi yaitu :

1. . Dengan membaca kita dapat memahami tulisan secara lebih baik. Membaca tuntas akan membuat pemahaman lebih baik. Meskipun secara umum isi tulisan itu sudah kita ketahui, tetaplah ada sesuatu yang berbeda karena bersumber dari otak orang lain yang pasti tidak sama dengan otak kita.

2.  Dengan membaca dapat menghindari kesalah pahaman.  Membaca tuntas dengan memahami setiap kata dapat menghindarkan diri dari kesalah pahaman. Ini sekaligus dapat mencegah pro-kontra tak berkesudahan antara pembaca dan penulis.   Kalaupun harus  berkomentar padahal baru membaca sekilas, maka kita harus memilih berkomentar dengan susunan kalimat umum tetapi jelas, tidak bersayap, dan tidak multi interpretasi.

3.  Dapat meningkatkan dan memperbaiki pemahaman.sehingga didalam kegiatan  membaca, baik sumber bacaan baru maupun secara berulang-ulang hanya yang itu-itu saja, tetap akan menjadi sumber inspirasi baru. Dan hal ini akan memberi pemahaman, ide, inspirasi, ilmu atau apapun namanya bagi mereka yang rajin membaca meski sumber bacaannya hanya itu-itu saja.

B. MANFAAT DAN TUJUAN ,MEMBACA

Pada hakekatnya membaca adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dan tulisan. Walaupun dalam kegiatan itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf. Dikatakan kegiatan fisik, karena bagian-bagian tubuh khususnya mata yang melakukannya. Dikatakan kegiatan mental karena bagian-bagian pikiran khususnya persepsi dan ingatan terlibat didalamnya. Dari defenisi ini, kiranya dapat dilihat bahwa menemukan makna dari sebuah bacaan( tulisan ) adalah tujuan utama dari sebuah kegiatan membaca.

Manfaat dari membaca menurut  Dr. Aidh bin Abdullah al-Qarni, dalam bukunya, “La Tahzan”, yaitu di antaranya sebagai berikut:

  1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
  2. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
  3. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
  4. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  5. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
  6. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
  7. Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain: kearifan orang bijaksana dan pemahaman para sarjana.
  8. Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup.
  9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
  10. Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat; lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).

Bukan hanya manfaat yang dimiliki oleh kegiatan membaca, namun ada pula tujuan yang dapat kita peroleh apabila kita melakukan kegiatan membaca yaitu :

1. Untuk memperoleh ide-ide utama. Membaca dengan tujuan ini adalah mengetahui topik-topik yang menarik, masalah yang terdapat dalam suatu bacaan, dan merangkum hal-hal utama yang terdapat dalam suatu bacaan.

2. Membaca untuk mengetahui urutan atau organisasi bacaan/cerita. Membaca dengan tujuan ini adalah menemukan kronologi bacaan / cerita dari awal sampai akhir.

3. Membaca untuk menyimpulkan atau membaca inferensial. Tujuan membaca jenis ini adalah untuk menemukan serta mengetahui apa yang ingin disampaikan penulis lepada pembacanya, mengetahui koalitas unsur-unsur instrinsik suatu cerita.

4. Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan. Membaca dalam hal ini bertujuan untuk menemukan serta mengetahui apa-apa yang luar biasa, apa-apa yang lucu dalam statu cerita, atau sesuatu yang benar / tidak benar.

5. Membaca untuk menilai atau mengevaluasi. Membaca untuk mengevaluasi dilakukan untuk memberikan penilaian terhadap hal-hal yang terdapat dalam suatu bacaan / cerita.

6. Membaca untuk membandingkan atau mempertentangkan. Membaca dengan tujuan ini dilakukan untuk menemukan persamaan ataupun perbedaan sesuatu yang dikemukakan pada bacaan / cerita tertentu ataupun bacaan / cerita.

BAB III

PENUTUP

  1. A.    SIMPULAN

Adapun simpulan yang dapat kami ambil dari isi pembahasan makalah ini yaitu :

  1.  Membaca dikatakan sebagai sumber inspirasi karena dengan kegiatan membaca dapat memberikan suatu motivasi, ilmu serta wawasan yang luas untuk kita sehingga dapat berpengarauh bagi kehidupan kita.
  2. Ada beberapa hal yang menjadikan membaca adalah sumber dari insipirasi yaitu :

a.. . Dengan membaca kita dapat memahami tulisan secara lebih baik. Membaca tuntas akan membuat pemahaman lebih baik.

b.  Dengan membaca dapat menghindari kesalah pahaman.

c.   Dapat meningkatkan dan memperbaiki pemahaman.

3.Manfaat dari kegiatan membaca yaitu :

  1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
  2. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
  3. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
  4. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  5. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
  6. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
  7. Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain.
  8. Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya;
  9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
  10. Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat

4. Tujuan dari kegiatan membaca adalah :

  1.  Untuk memperoleh ide-ide utama
  2. Membaca untuk mengetahui urutan atau organisasi bacaan/cerita.
  3. Membaca untuk menyimpulkan atau membaca inferensial.
  4. Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan.
  5. Membaca untuk menilai atau mengevaluasi.
  6. Membaca untuk membandingkan atau mempertentangkan.

       


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: